Home » » Al-Qaidah Serang 2 Markas Militer Yaman, 32 Tentara Tewas 28 Disandera

Al-Qaidah Serang 2 Markas Militer Yaman, 32 Tentara Tewas 28 Disandera

Written By Ridha Illahi on Selasa, 15 Mei 2012 | 05.01



YAMAN Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) menyerang dua markas militer Yaman di daerah yang diperebutkan di Yaman selatan hari Senin (7/5/2012), menewaskan 32 tentara dan menangkap puluhan lainnya setelah menduduki pos-pos tersebut.

Tim-tim penyerang AQAP menyerbu dua pangkalan militer di Dawfas dan Al Koud, daerah luar kota Zinjibar, ibukota provinsi Abyan, menurut Yaman Post. Setidaknya 32 tentara Yaman tewas dan 40 lainnya cedera dalam serangan itu. Seorang juru bicara Ansar Al-Syariah, cabang AQAP, mengklaim mereka menangkap 28 tentara Yaman dan menyita satu tank selama pertempuran, menurut laporan Reuters.

Serangan hari Senin  terjadi hanya satu hari setelah AS membunuh Fahd al Quso, anggota Al-Qaidah yang diburu karena terlibat dalam serangan jibaku terhadap USS Cole pada tahun 2000 dan rencana teror lainnya terhadap AS. Fahd Al-Quso gugur dalam serangan pesawat tak berawak AS di daerah Rafth Abyan.

AQAP telah menyerbu beberapa basis militer Yaman dalam beberapa bulan terakhir. Serangan terbesar terjadi di Al-Koud pada tanggal 4 Maret, ketika kekuatan besar AQAP menyerang sebuah pangkalan Angkatan Darat Yaman yang menampung satu batalyon mekanis. Para pejuang AQAP menyerbu pangkalan dan menghancurkan batalyon itu, menewaskan 185 tentara, melukai 150, dan menangkap 73 lebih. AQAP juga menyita senjata berat, termasuk tank-tank, selama serangan tersebut. ke 73 tentara yang ditawan itu kemudian dibebaskan oleh AQAP.
..Tim-tim penyerang AQAP menyerbu dua pangkalan di Dawfas dan Al Koud, daerah luar kota Zinjibar, ibukota provinsi Abyan, menurut Yaman Post. Setidaknya 32 tentara Yaman tewas dan 40 lainnya cedera dalam serangan itu..
Pada tanggal 17 Maret pejuang AQAP menyerang sebuah pos militer di kota Al-Milah di provinsi Lahj dan membunuh 17 tentara Yaman dan menyita tank. Dan pada tanggal 1 April pejuang AQAP menyerbu sebuah pos di daerah Shibam di provinsi Hadramout, dan mengeksekusi tujuh tentara. Juga, pada pertengahan April, pejuang AQAP menyerbu sebuah pangkalan militer di Lawdar dan menyita beberapa tank. Pihak militer mengklaim bahwa lebih dari 200 pejuang AQAP, termasuk pejuang asing Al-Qaidah, tewas kelompok pejuang Islam tersebut berusaha untuk mengendalikan kota. AQAP juga menyerang pangkalan militer lainnya di Abyan, Baydah, dan provinsi Marib selama beberapa bulan terakhir, memicu pertempuran sengit dengan pasukan Yaman.

AQAP telah secara terbuka memerangi militer Yaman selama hampir setahun, dan telah merebut banyak kota. AQAP telah menahan posisinya di Zinjibar meskipun upaya pembagian pasukan Yaman. Zinjibar telah berada di bawah kontrol AQAP sejak kota itu jatuh ke tangan kelompok pejuang Islam itu pada akhir Mei 2011. Meskipun militer Yaman telah mengklaim mereka membebaskan Zinjibar pada bulan September 2011, dan lagi bulan lalu, Para pejabat intelijen AS mengatakan kepada The Long War Journal bahwa kota itu paling tepat digambarkan sebagai tengah "diperebutkan."

AS telah membantu militer Yaman dengan pesawat tak berawak dan serangan udara konvensional, tetapi tambahan kekuatan udara hanya sedikit membantu untuk menghentikan perluasan wilayah AQAP. AQAP telah memperluas kontrol di selatan bahkan ketika AS telah meningkatkan serangan udara di selatan dan tengah Yaman. Pada akhir Maret, kota pesisir Radum di provinsi Shabwa adalah pusat populasi terbaru yang jatuh ke tangan AQAP. (by/tlwj)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : R Merah
Proudly powered by R Merah
Copyright © 2011. R Merah - All Rights Reserved
Template Design by Raa Pramuja Published by Adam Pramuja