Home » , » Myanmar Pertimbangkan Surat Presiden RI Tentang Suku Rohingya

Myanmar Pertimbangkan Surat Presiden RI Tentang Suku Rohingya

Written By R Merah on Senin, 20 Agustus 2012 | 19.49

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan Pemerintah Myanmar mempertimbangkan saran Pemerintah Indonesia melalui Surat Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono kepada Perdana Menteri Myanmar Thein Sein mengenai penyelesaian kasus kekerasan terhadap etnis Rohingya.  Menlu mengatakan hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Myanmar U Wunna Maung Lwin dalam pertemuan dengannya.
“Kami berbicara dengan Menlu Myanmar dan Menlu Turki. Khusus dengan Menlu Myanmar tadi disampaikan bahwa Surat Presiden sudah disampaikan kepada PM Thein Sein, dan diterima dengan baik, dan Myanmar menghargai pandangan Indonesia sebagai negara sahabat yang selama ini telah memberikan pemahaman yang baik atas perkembangan di Myanmar,” kata Menlu usai mengikuti acara penyerahan Surat Kepercayaan dari 10 Dubes kepada Presiden RI di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/8),
Marty mengemukakan dalam pembicaraannya dirinya dengan Menlu Myanmar, ia telah menekankan semakin pentinya Myanmar semakin membuka wilayah yang dimaksud, agar masyarakat internasional bisa melihat secara langsung perkembangan sebenarnya.
Menlu mengatakan PM Myanmar Thein Sein akan segera menjawab surat Presiden RI. Sedangkan dalam surat yang dikirimkan tersebut, Presiden RI menyarankan pemerintah Myanmar menerima misi perdamaian dari Organisasi Konferensi Islam (OKI) di negara mereka.
“Secara khusus sesuai arahan Presiden RI agar Myanmar menerima misi dari OKI di negaranya dan kami mendengar tadi Menlu Myanmar menyatakan berdasarkan masukan tersebut, Myanmar akan mempertimbangkan untuk menerima Sekjen OKI untuk berkunjung ke Myanmar disamping juga menerima Menlu Turki,” jelas Marty.
Sedangkan Turki akan bekerjasama dengan Indonesia untuk ikut membantu menyelesaikan kasus kekerasan terhadap etnis Rohingya tersebut.
 “Turki mengapresiasi peran Pemerintah Indonesia dalam isu ini dan mengharapkan agar Turki bisa bekerjasama dengan Indonesia untuk menyelesaikan kasus itu. Besok Menlu Turki akan menuju Myanmar, untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Myanmar dan juga meminta masukan Indonesia agar apapun masukan dari Turki selaras dengan Indonesia,” katanya.
Menlu berharap ada langkah kemajuan yang baik dalam penyelesaian etnis Rohingya tersebut. “Harapan kita kedepan ini akan ada langkah yang lebih kuat untuk menyelesaikan masalah ini,” tambahnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : R Merah
Proudly powered by R Merah
Copyright © 2011. R Merah - All Rights Reserved
Template Design by Raa Pramuja Published by Adam Pramuja